Wartawan indonesiasatu.co.id Diundang Ikuti Pelatihan Jurnalistik Bank Indonesia di Jakarta

INDONESIASATU.CO.ID:

Wartakalsel- Bank Indonesia (BI) tahun 2017 kembali mengumpulkan dan mengadakan pertemuan dengan ratusan wartawan elektronik, cetak, dan daring dari seluruh Indonesia untuk diberikan pembekalan sekaligus menyamakan pemahaman terkait kondisi maupun istilah-istilah perekonomian yang terus mengalami perkembangan.

Para wartawan belum semuanya memahami istilah-istilah ekonomi yang dikeluarkan BI sehingga pembekalan sangat diperlukan agar dalam penyajian berita ada kesamaan opini. Memang kadangkala ada kekhawatiran dalam hal kesamaan opini dengan media. Kekhawatiran itu karena ada perbedaan istilah yang dikeluarkan BI dengan pemahaman media, sehingga pesannya tidak sampai kepada masyarakat.

Berkumpulnya wartawan itu juga sebagai bentuk apresiasi BI terhadap sejumlah media di seluruh Indonesia yang secara konsisten menyiarkan berita-berita tentang perekonomian, khususnya mengenai kebijakan BI. Pertemuan dengan ratusan wartawan seluruh Indonesia di Grand Sahid Jaya Hotlel di Jakarta mulai Minggu (19/11) sampai Selasa (21/11), dilaksanakan oleh Departemen Komunikasi BI Pusat.

 

Kegiatan seperti ini pun sudah pernah dilaksanakan pada tahun 2016. Dalam pertemuan itu nantinya Deputi Gubernur Senior BI, Mirza Adityaswara akan menjadi keynote speech. Kalau untuk narasumber dalam kegiatan itu tidak hanya dari BI, tapi ada juga Kementerian Keuangan, OJK, LPS, Akademisi serta pengamat. Sementara untuk materi-materi yang akan dipaparkan dalam pertemuan tersebut, yakni pengendalian inflasi daerah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan program klaster pengendalian inflasi.

Selain itu, materi tentang perkembangan dan kebijakan sistem pembayaran Bank Indoneisia terkait gerakan Nasional Nontunai dan program 'BI Jangkau', serta sinergi lembaga dalam pencegahan dan penanganan krisis sistem keuangan (KSSK).

Dari Kalsel, BI Perwakilan Kalsel memfasilitasi 14 wartawan termasuk jurnalis infobanua.co.id bergabung dengan berbagai media baik cetak dan elektronika. Diharapkan para wartawan dari Kalsel yang ikut kegiatan ini bisa semakin meningkat pemahamannya terkait istilah-istilah dalam perekonomian.

15 media cetak dan elektronika Kalsel yakni, (Ida), redkal.com, tempo.co (Nanta), kalsel.antaranews.com (Ulul), Radar Banjar (Anisa), Banjarmasin Post, Duta TV, Banjar TV (Magfur), Kompas TV, Trans 7 (Santa), RRI (Junaidi), Smart FM, Abdi Persada FM (Rahmi), El Shinta FM (Sahrianto).

 

ida yusnita

Index Berita