14 Wartawan Media Nasional, Lakukan Safari Jurnalistik ke Polda Kalsel

INDONESIASATU.CO.ID:

Hasil kreativitas empat anggota Bhabinkamtibmas yakni, Brigadir Kusnin Polres Banjar dengan inovasi jadi petani sayur dan semangka, Bripka Rudy Subhan Polres Tala mendirikan majelis taklim dan munsyid dengan merangkul generasi muda. Juga ada kiprah Aiptu Supriyanto Polres Tala menyulap rumahnya menjadi Rumah Tahfidz yang menampung anak-anak mulai SD, SMP dan SMU belajar dan mengaji Al Quran.

Di Polres Batola, ada Aipda Jakaria SPd dengan inovasi pertanian lewat budi daya terong dayak juga menjadi kebanggaan Polres Batola, bahkan meraih keberhasilan dan akan dikutkan pada lomba  Binmas Pioner Tingkat Nasional.

Keempat kiprah anggota Polri ini tampaknya menjadi daya tarik 14 wartawan nasional untuk diliput aktivitas kegiatannya. Wartawan media cetak dan elektronik dari berbagai nasional ini memang diundang langsung oleh Bagian Penerangan Umum (Penum) Divisi Humas Polri, melakukan perjalanan jurnalistik ke Polres Banjar, Polres Tala dan Polres Batola, selama lima hari sejak Senin (27/11/2017)-Jumat   (31/11/2017).

Menurut Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Drs. Martinus Sitompul, M.Si yang didampingi Kabid Humas Polda Kalsel AKBP M Rifai SIK, merasa bangga dengan apa yang telah dilakukan Brigadir Kusnin, S.AP., Bhabinkamtibmas Desa Tungkaran, Polsek Martapura Kota, Polres Banjar, Polda Kalimantan Selatan itu yang melakukan inovasi bidang pertanian dengan bertanam buah semangka, cabai, serta sayuran di lahan tak produktif.

“Karya anggota Bhabinkamtibams itu dapat menjadi inspirasi bagi seluruh anggota Polri agar selalu berinovasi demi membantu kesejahteraan masyarakat.

Bahkan Pak Kusnin ini hebat loh, beliau ini mau menggunakan gajinya untuk digunakan sebagai modal awal pengelolahan lahan pertanian ini, dengan begitu secara tidak langsung dapat membantu penghasilan masyarakat,” ucap Kombes Pol Martinus Sitompul, ketika meninjau lahan pertanian holtikultura hasil kerja keras Brigadir Kusnin bersama Gapoktan Bhayangkara Maju Bersama, di Desa Tungkaran, Kecamatan Martapura Kota, Kabupaten Banjar.

Dalam kesempatan itu, Kabag Penum Div Humas Polri Kombes Pol Drs. Martinus Sitompul, M.Si, didampingi Kapolres Banjar AKBP Takdir Mattanete, S.H., S.I.K., M.H., beserta Sekda Kabupaten Banjar ikut menaburkan bibit jagung yang akan ditanam dilahan pertanian yang dikelola Brigadir Kusnin dengan kelompok tani Bhayangkara Maju Bersama.

“Kalau menanam jagung gak boleh sambil ngomong, nanti jagungnya bolong-bolong,” canda Kombes Pol Drs. Martinus Sitompul, M.Si.

Pada kunjungan hari kedua, rombongan wartawan nasional mengunjungi Polres Tanah Laut, melihat kreativitas dan inovasi anggota Bhabinkamtibmas di Polres Tala yakni, Bripka Rudy Subhan yang mendirikan majelis taklim dan munsyid dengan merangkul generasi muda. Juga ada kiprah Aiptu Supriyanto yang menyulap rumahnya menjadi Rumah Tahfidz yang menampung anak-anak mulai SD, SMP dan SMU belajar dan mengaji Al Quran.

Kemudian pada kunjungan hari ketiga di Polres Batola, ada Aipda Jakaria SPd dengan inovasi terong dayaknya juga menjadi kebanggaan Polres Batola, bahkan meraih keberhasilan dan akan dikutkaan pada lomba  Binmas Pioner Tingkat Nasional. Bahkan terong dayak yang mulai langka kini berhasil dikembangkan dan menghasilkan nilai ekonomi yang tinggi, karena harga 1 kg terong ini di wilayah Kalteng dijual dengan harga Rp20 ribu/kg, sementara di tangan Aipda Jakaria hanya dijual Rp5 ribu/kg.

“Semoga hasil kreativitas para anggota Bhabinkamtibmas di Polres Banjar, Polres Tala serta Polres Batola, yang sudah diliput media nasional menjadi inspirasi bagi seluruh anggota Polri agar selalu berinovasi demi membantu kesejahteraan masyarakat,” tegas Kabid Humas Polda Kalsel AKBP M Rifai SIK.

ida yusnita

 

  • Whatsapp

Index Berita